Apresiasi Drama
SILABUS MATA KULIAH
Program Studi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Kode Mata Kuliah : MKB
531
Mata Kuliah : Apresiasi Drama
Jumlah Sks : 4 sks
Semester : V (satu)
Dosen
Pengampu : Nyayu Lulu Nadya, M.Pd.
Falina
Noor Amalia, M.Pd.
Deskripsi Mata Kuliah : Mata kuliah ini memberikan dasar-dasar
pengkajian drama sebagai karya sastra dan/ atau teater sebagai seni
pertunjukan. Isi pokok mata kuliah ini meliputi: (1) hakikat drama dan
karakteristiknya, (2)struktur dan unsur-unsur
drama, (3) jenis-jenis drama, (4) teknik
analisis drama, dan (5) aplikasi pengkajian dan pengapresiasian
drama.
Standar Kompetensi : Mahasiswa
mampu melakukan pengkajian dan
pengapresiasian drama sebagai
karya sastra dan/ atau teater sebagai seni pertunjukan
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Pengalaman
Belajar
|
Materi
Pokok
|
Waktu
(Menit)
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
Penilaian
|
1. Mengidentifikasi hakikat dan karakteristik
drama/ teater
|
Mampu menjelaskan hakikat dan karakteristik
drama/ teater
|
1. Membaca teori sastra drama
2. Diskusi tentang
hakikat dan karakteristik drama/ teater
|
1. Hakikat drama/ teater
2.
Karakteristik drama
|
100’
|
1. Pengkajian Drama I (Soediro Satoto
(1991: 1-36)
2. ”Drama,
Apresiasi, dan Pengajarannya” dalam MIBAS
No. 4 (1990: 3-13)
3. Anatomi Sastra (M. Atar Semi, 1989:
156-157)
|
1.Tugas
Mandiri
2. Tugas terstruktur
3. Tugas Kelompok
4. Ujian Tengah Semester
5. Ujian Akhir
Semester
|
2. Menyebutkan perbedaan drama dengan puisi dan
fiksi
|
Mampu memaparkan perbedaan drama dengan
puisi dan fiksi
|
1. Membaca teori sastra drama
2. Diskusi tentang perbedaan drama dengan puisi
dan fiksi
|
1. Drama
sebagai karya tiga dimensi
2. Drama &
dua konvensi: intensitas & konsentrasi
3. Drama:
memberikan pengaruh emosi yang kuat
4. Drama dan
pengalaman estetik lebih mengesankan
5. Drama dan
keterbatasan intelegensia penonton.
|
100’
|
1. Anatomi Sastra (M. Atar Semi, 1989: 156-160)
2. Drama Karya dalam Tiga Dimensi (Hasanuddin
W.S., 1996: 7-11)
3. 2. ”Drama, Apresiasi, dan Pengajarannya”
dalam MIBAS No. 4 (1990: 3-13)
|
|
3. Mendeskripsikan struktur drama sebagai karya
sastra
|
Mampu memaparkan struktur drama sebagai
karya sastra
|
1. Diskusi tentang struktur drama
sebagai karya sastra
2. Praktik pengkajian struktur dan makna
|
1. Struktur drama: alur, tokoh, latar, tema,
dan bahasa
2. Makna (gagasan) dalam drama/
teater.
|
100’
|
1. Drama
Teori dan Pengajarannya (Herman J. Waluyo, 2003: 6-30)
2. Drama Karya dalam Tiga
Dimensi (Hasanuddin
W.S., 1996: 58-139)
3. ”Drama,
Apresiasi, dan Pengajarannya” dalam MIBAS
No. 4 (1990: 3-13)
|
|
4. Menyebutkan unsur-unsur drama sebagai seni
pertunjukan
|
Mampu menjelaskan unsur-unsur drama sebagai seni pertunjukan
|
1. Membaca teori sastra drama
2. Diskusi tentang unsur-unsur drama
sebagai seni pertunjukan
|
Unsur-unsur
drama sebagai seni pertunjukan:
1. Unsur naskah
2. Unsur
pementasan (pemain, sutradara, produser, krabat kerja (crew), tata pentas, dan lain-lin)
3. Unsur
penonton
|
100’
|
1. Pengkajian Drama I (Soediro Satoto (1991: 37-86)
2. Drama Karya dalam Tiga Dimensi (Hasanuddin W.S., 1996: 140-188)
3. Drama Teori dan Pengajarannya (Herman J. Waluyo, 2003: 44-62)
|
|
5.Mengidentifikasi konstruksi dramatik
|
Mampu menjelaskan konstruksi dramatik
|
1. Membaca teori penelitian sastra
2. Diskusi
tentang konstruksi dramatik
|
Konstruksi dramatik:
1. Alur dramatik (dramatic plot)
2. Ketegangan dramatik (dramatic tension)
|
100’
|
1. Dramaturgi (Harymawan, 1994: 18-22)
2. Pengkajian Drama I
(Soediro Satoto (1991: 37-86)
|
|
6. Mengidentifikasi tiga prinsip drama dan
trilogi Aristoteles dalam drama
|
1. Mampu mendeskripsikan tiga prinsip drama
2. Mampu menjelaskan trilogi Aristoteles dalam
drama
|
1. Membaca teori penelitian sastra
2. Diskusi
tentang tiga prinsip drama dan trilogi Aristoteles dalam drama
|
1. Tiga prinsip drama
2. Trilogi Aristoteles dalam drama
|
100’
|
1. Dramaturgi (Harymawan, 1994: 22-26)
2. Pengantar Bermain Drama (A. Adjib
Hamzah, 1995: 1-12)
|
|
7. Mengidentifikasi konstruksi cerita drama
|
1. Mampu menjelaskan konstruksi cerita drama
2. Mampu menunjukkan premis, karakter,
dan alur dalam naskah drama
|
1. Diskusi tentang konstruksi cerita drama
2. Praktik
membuat contoh premis,
karakter, dan alur dalam naskah drama
|
Konstruksi
cerita drama
1. Naskah: Premis-Karakter-Alur
2. Lakon
|
100’
|
1.
Dramaturgi (Harymawan, 1994: 22-26)
2. Pengkajian Drama I (Soediro Satoto (1991: 37-86)
|
|
8. Mengidentifikasi jenis drama dari segi
cerita
|
1. Mampu menjelaskan jenis drama dari
segi cerita
2. Mampu menunjukkan perbedaan jenis drama
satu dengan lainnya.
|
1. Membaca
teori sastra drama
2. Diskusi
tentang jenis
drama dari segi cerita
|
Jenis drama
dari segi cerita:
1. Drama
Tragedi
2. Drama Komedi
3. Tragikomedi
4. Melodrama
5. Farce
|
100’
|
1. Anatomi Sastra (M. Atar Semi, 1989: 167-171)
2. Pengkajian Drama I (Soediro Satoto (1991: 107-123)
|
|
9. Mengidentifikasi
jenis drama dari segi penggarapan
|
1. Mampu menyebutkan jenis drama dari
segi penggarapan
2. Mampu membedakan jenis drama satu
dengan lainnya
|
1. Membaca teori sastra drama
2. Diskusi tentang jenis drama dari segi penggarapan
|
Jenis drama dari segi penggarapan:
1. Drama
Tradisional
2. Drama Modern
3. Drama
Kontemporer
|
100’
|
1. Pengkajian Drama I (Soediro Satoto (1991: 107-123)
2. Perkembangan Teater Modern dan Sastra
Drama Indonesia (Jakob Sumardjo, 1992: 38-232)
|
|
10.
Mendeskripsikan
fungsi dan nilai
drama
|
Mampu
mengungkapkan
fungsi dan nilai
drama
|
1. Diskusi tentang fungsi dan nilai drama
2. Praktik menganalisis
nilai drama
|
1. Fungsi drama
2. Nilai drama
|
100’
|
1. ”Drama,
Apresiasi, dan Pengajarannya” (Ali Imron A.M. dalam MIBAS No. 4/ 1990: 3-13)
2. Teater untk Dilakoni (Sugiyati S.A.
dkk., 1993: 28-32)
|
|
11. Membuat
resensi pementasan teater
|
Mampu membuat resensi pementasan teater
|
1. Diskusi
tentang sebuah pementasan drama
2. Praktik
membuat resensi pementasan teater
|
Resensi pementasan teater:
1. Sinopsis cerita
2. Kelebihan
3. Kekurangan
4. Kritik dan saran.
|
100’
|
1. Pengkajian Drama I dan II (Soediro Satoto, 1991:
218-244)
2. ”Drama, Apresiasi, dan Pengajarannya” (Ali Imron A.M. dalam MIBAS No. 4/ 1990: 3-13)
|
|
12. Membuat dan melaksanaka karya
pengkajian drama
|
·
Mampu
membuat karya pengkajian drama
·
Dapat
mementaskan drama
|
1. Diskusi
tentang sebuah pementasan drama
2. Praktik
membuat analisis/ pengkajian sebuah pementasan teater
3. Pementasan Drama
|
Pelaksanaan pengkajian drama:
1. Struktur
cerita drama
2. Makna drama
3. Jenis drama
4. analisis naskah drama kerja unit produksi dan
kerja unit kreatif
5. evaluasi pementasan drama
|
Disesu- aikan
|
1. Pengkajian Drama I dan II
(Soediro Satoto, 1991:
218-244)
2. Anatomi Sastra (M. Atar Semi, 1989:
177-181)
|
|
Komentar
Posting Komentar