Apresiasi Drama




SILABUS MATA KULIAH

Program Studi                :  Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Kode Mata Kuliah         :  MKB 531
Mata Kuliah                   :  Apresiasi Drama
Jumlah Sks                     :  4 sks
Semester                         :  V (satu)
Dosen Pengampu           :  Nyayu Lulu Nadya, M.Pd.
                                          Falina Noor Amalia, M.Pd.
Deskripsi Mata Kuliah   :  Mata kuliah ini memberikan dasar-dasar pengkajian drama sebagai karya sastra dan/ atau teater sebagai seni pertunjukan. Isi pokok mata kuliah ini meliputi: (1) hakikat drama dan karakteristiknya,  (2)struktur dan unsur-unsur drama,  (3) jenis-jenis drama, (4) teknik analisis drama, dan (5) aplikasi pengkajian dan pengapresiasian drama.
Standar Kompetensi      :  Mahasiswa mampu melakukan pengkajian dan pengapresiasian drama sebagai karya sastra dan/ atau teater sebagai seni pertunjukan


Kompetensi Dasar
Indikator
Pengalaman Belajar
Materi Pokok
Waktu (Menit)
Sumber/ Bahan/ Alat
Penilaian
1. Mengidentifikasi hakikat dan karakteristik drama/ teater
Mampu menjelaskan hakikat dan karakteristik drama/ teater

1. Membaca teori sastra drama
2. Diskusi tentang hakikat dan karakteristik drama/ teater
1. Hakikat drama/ teater
2. Karakteristik drama

100’
1. Pengkajian Drama I (Soediro Satoto (1991: 1-36)
2. ”Drama, Apresiasi, dan Pengajarannya” dalam MIBAS No. 4 (1990: 3-13)
3. Anatomi Sastra (M. Atar Semi, 1989: 156-157)   
1.Tugas   
   Mandiri
2. Tugas terstruktur
3. Tugas Kelompok
4. Ujian Tengah Semester
5. Ujian Akhir
    Semester 

2. Menyebutkan perbedaan drama dengan puisi dan fiksi
Mampu memaparkan perbedaan drama dengan puisi dan fiksi
1. Membaca teori sastra drama
2. Diskusi tentang perbedaan drama dengan puisi dan fiksi

1. Drama sebagai karya tiga dimensi
2. Drama & dua konvensi: intensitas & konsentrasi
3. Drama: memberikan  pengaruh emosi yang kuat
4. Drama dan pengalaman estetik lebih mengesankan
5. Drama dan keterbatasan intelegensia penonton.

100’
1. Anatomi Sastra (M. Atar Semi, 1989: 156-160) 
2. Drama Karya dalam Tiga Dimensi (Hasanuddin W.S., 1996: 7-11)
3. 2. ”Drama, Apresiasi, dan Pengajarannya” dalam MIBAS No. 4 (1990: 3-13)


3. Mendeskripsikan struktur drama sebagai karya sastra
Mampu memaparkan struktur drama sebagai karya sastra  
1. Diskusi tentang struktur drama sebagai karya sastra  
2. Praktik pengkajian struktur dan makna
 1. Struktur drama: alur, tokoh, latar, tema, dan bahasa
2. Makna (gagasan) dalam drama/ teater.   
100’ 
1.  Drama Teori dan Pengajarannya (Herman J. Waluyo, 2003: 6-30)
2. Drama Karya dalam Tiga Dimensi (Hasanuddin W.S., 1996: 58-139)
3. ”Drama, Apresiasi, dan Pengajarannya” dalam MIBAS No. 4 (1990: 3-13)  


4. Menyebutkan unsur-unsur drama sebagai seni pertunjukan
Mampu menjelaskan  unsur-unsur drama sebagai seni pertunjukan

1. Membaca teori sastra drama
2. Diskusi tentang unsur-unsur drama sebagai seni pertunjukan 

Unsur-unsur drama sebagai seni pertunjukan:
1. Unsur naskah
2. Unsur pementasan (pemain, sutradara, produser, krabat kerja (crew), tata pentas, dan lain-lin)
3. Unsur penonton
100’ 
1. Pengkajian Drama I (Soediro Satoto (1991: 37-86)
2. Drama Karya dalam Tiga Dimensi (Hasanuddin W.S., 1996: 140-188)
3. Drama Teori dan Pengajarannya (Herman J. Waluyo, 2003: 44-62)


5.Mengidentifikasi konstruksi dramatik
Mampu menjelaskan konstruksi dramatik  

1. Membaca teori penelitian sastra
2. Diskusi tentang  konstruksi dramatik  
Konstruksi dramatik:
1. Alur dramatik (dramatic plot)
 2. Ketegangan dramatik (dramatic tension)

100’
1. Dramaturgi (Harymawan, 1994: 18-22)
2. Pengkajian Drama I (Soediro Satoto (1991: 37-86)   
 

6. Mengidentifikasi tiga prinsip drama dan trilogi Aristoteles dalam drama  
1. Mampu mendeskripsikan tiga prinsip drama
2. Mampu menjelaskan trilogi Aristoteles dalam drama

1. Membaca teori penelitian sastra
2. Diskusi tentang tiga prinsip drama dan trilogi Aristoteles dalam drama           
1. Tiga prinsip drama
2. Trilogi Aristoteles dalam drama           

100’
1. Dramaturgi (Harymawan, 1994: 22-26)
2. Pengantar Bermain Drama (A. Adjib Hamzah, 1995: 1-12)


7. Mengidentifikasi konstruksi cerita drama   
1. Mampu menjelaskan  konstruksi cerita drama
2. Mampu menunjukkan premis, karakter, dan alur dalam naskah drama

 1. Diskusi tentang konstruksi cerita drama   
2. Praktik membuat contoh premis, karakter, dan alur dalam naskah drama
    
Konstruksi cerita drama
1. Naskah:  Premis-Karakter-Alur
 2. Lakon
100’
1.  Dramaturgi (Harymawan, 1994: 22-26)
2. Pengkajian Drama I (Soediro Satoto (1991: 37-86)       

8. Mengidentifikasi jenis drama dari segi cerita   
1. Mampu menjelaskan jenis drama dari segi cerita   
2. Mampu menunjukkan perbedaan jenis drama satu dengan lainnya.  

1. Membaca teori sastra drama
2. Diskusi tentang    jenis drama dari segi cerita   

Jenis drama dari segi cerita:
1. Drama Tragedi
2. Drama Komedi
3. Tragikomedi
4. Melodrama
5. Farce   

100’
1. Anatomi Sastra (M. Atar Semi, 1989: 167-171) 
2. Pengkajian Drama I (Soediro Satoto (1991: 107-123)

  

9. Mengidentifikasi
jenis drama dari segi penggarapan
1. Mampu menyebutkan jenis drama dari segi penggarapan  
2. Mampu membedakan jenis drama satu dengan lainnya

1. Membaca teori sastra drama
2. Diskusi tentang  jenis drama dari segi penggarapan
Jenis drama dari segi penggarapan:
1. Drama Tradisional
2. Drama Modern
3. Drama Kontemporer


100’
1. Pengkajian Drama I (Soediro Satoto (1991: 107-123) 
2. Perkembangan Teater Modern dan Sastra Drama Indonesia (Jakob Sumardjo, 1992: 38-232)

10.
Mendeskripsikan
fungsi dan nilai
drama            
Mampu
mengungkapkan
fungsi dan nilai
drama
1.  Diskusi tentang fungsi dan nilai drama
2. Praktik menganalisis nilai drama
1. Fungsi drama
2. Nilai drama
100’
1. ”Drama, Apresiasi, dan Pengajarannya” (Ali Imron A.M. dalam MIBAS No. 4/ 1990: 3-13)
2. Teater untk Dilakoni (Sugiyati S.A. dkk., 1993: 28-32)



11.  Membuat resensi pementasan teater
Mampu membuat resensi pementasan teater    
1. Diskusi tentang sebuah pementasan drama  
2. Praktik membuat resensi pementasan teater
Resensi pementasan teater:
1. Sinopsis cerita
2. Kelebihan
3. Kekurangan
4. Kritik dan saran.
100’
1. Pengkajian Drama I dan II (Soediro Satoto, 1991:  218-244)                                                2. ”Drama, Apresiasi, dan Pengajarannya” (Ali Imron A.M. dalam MIBAS No. 4/ 1990: 3-13) 


12. Membuat dan melaksanaka karya pengkajian drama
·      Mampu membuat karya pengkajian drama
·      Dapat mementaskan drama
1. Diskusi tentang sebuah pementasan drama 
2. Praktik membuat analisis/ pengkajian sebuah pementasan teater
3. Pementasan Drama
 Pelaksanaan pengkajian drama:
1. Struktur cerita drama
2. Makna drama
3. Jenis drama  
4. analisis naskah drama kerja unit produksi dan kerja unit kreatif
5. evaluasi pementasan drama
Disesu- aikan
1. Pengkajian Drama I dan II (Soediro Satoto, 1991: 218-244)
2. Anatomi Sastra (M. Atar Semi, 1989: 177-181)







Komentar

Postingan Populer